Home » Kids

Mengatasi Growing Pains

Rasa sakit yang sering dialami anak pada bagian kaki disebut growing pains, tetapi ini tidak ada hubungannya dengan masalah pertumbuhan. “Ketika anak-anak banyak berlari, otot-otot mereka kehilangan oksigen dan glikogen–sumber energi cadangan –dan memerangkap cairan serta asam laktat, yang menimbulkan tekanan pada saraf dan pembuluh darah. Kombinasi ini diyakini menimbukan rasa sakit pada kaki,” kata Robert E. Burke, MD, PhD, wakil ketua kedokteran anak di McLane Children’s Hospital Scott & White, di Temple, Texas. Jika anak Anda mengeluh sakit kaki, lakukan tindakan berikut:

Malam hari
Growing pains biasanya terjadi di pengujung hari pada bagian betis dan paha. Jika kaki anak terasa sakit, pijat bagian yang sakit tersebut dan berikan ibuprofen atau asetaminofen. Pagi hari tubuh anak akan menyerap kembali cairan dan asam laktat serta menggantinya dengan oksigen, saat itu rasa sakit akan hilang.

Siang hari
Pastikan anak Anda minum banyak air. Ini akan membantu mengeluarkan kelebihan asam laktat di dalam otot dan mencegah kram yang disebabkan oleh dehidrasi. Jika rasa sakit tidak kunjung hilang sampai esok hari, atau rasa sakit terus terkonsentrasi  pada satu area, atau terjadi di persendian, bawa si kecil ke dokter untuk mengetahui apakah ini adalah cedera atau sesuatu yang lebih serius. 

« Previous article

Related Articles