Home » Birth

Inilah Barang yang Dibawa Saat Persalinan

Saat tiba waktunya pergi ke rumah bersalin untuk melahirkan, semua ibu segera bersiap-siap. Hal yang paling dikhawatirkan adalah apakah kelupaan membawa perlengkapan si kecil atau camilan buat si ayah. Catat dan simpan daftar barang yang Anda perlukan di bawah ini selama persalinan. Jika ada yang kurang boleh ditambahkan.

Pakaian yang nyaman

Pilihlah pakaian tidur atau piyama (kalau perlu beli baru) yang paling Anda sukai. Jadi Anda bisa pergi ke rumah sakit untuk melahirkan tetap tampil cantik dan nyaman.

Bra dan bantal menyusui

Pastikan Anda membawa bra dan bantal untuk menyusui. Begitu si buah hati Anda lahir, ia pasti membutuhkan ASI selama Anda ada di rumah sakit

Kaus kaki

Bawa beberapa pasang kaus kaus kaki yang hangat. Selama proses persalinan kaki Anda tidak boleh terasa dingin

Sandal

Menggunakan sandal akan membuat Anda merasa nyaman seperti sedang berada di rumah sendiri baik sebelum maupun sesudah melahirkan.

Pakaian untuk pulang

Pastikan Anda memakai pakaian yang nyaman untuk pulang ke rumah. Jangan mengenakan jeans atau pakaian ketat untuk sementara. Pakailah setelah beberapa bulan Anda melahirkan. Ada baiknya Anda menggunakan pakaian untuk ibu hamil saat pulang.

Bantal

Bawalah bantal yang bersih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan setelah melahirkan.

Perlengkapan kebersihan

Bawah perlengkapan seperti sampo, conditioner, deodoran, pelembab kulit, dan lip balm. Anda tidak akan tahu kapan akan menggunakannya. Untuk berjaga-jaga perlemkapan tersebut ada baiknya dibawa.

Produk perawatan rambut

Aksesoari untuk rambut seperti jepit rambut atau sisir akan sangat membantu supaya rambut tidak menggangu Anda selama proses persalinan.

Sikat gigi

Selipkan sikat dan pasta gigi ke dalam tas, Anda mungkin ingin menujukkan gigi putih Anda kepada si buah hati yang baru saja lahir.

Dokumen penting

Pastikan Anda membawa dokumen penting meskipun Anda sudah terdaftar di rumah sakit. Beberapa rumah sakit butuh konfrmasi ulang sebelum Anda diberikan kamar. Jangan lupa membawa kartu asuransi, buku alamat yang dilengkapi nomor telepon, dan kartu tanda lahir yang sudah diberi cap pos.

Barang tambahan

Jangan lupa membawa barang untuk bersenang senang. Memang tidak terlalu penting tapi bisa digunakan kapan pun untuk melewati momen paling indah.

  • Alat pijat elektik atau bola tenis untuk meredakan kram di bagian bawah pinggang dan kaki.
  • minyak pijat.
  • MP3 Player, handycam, atau kamera saku.
  • bantal ekstra.
« Previous article

Related Articles