Home » Birth

Mengembalikan Bentuk Tubuh

Jika Anda baru saja melahirkan buah hati, apalagi sedang menyusui secara eksklusif, jangan pernah berpikir untuk berdiet. Menurut Dr. Amru Harahap, SpOG, wanita menyusui membutuhkan tambahan kalori sebanyak 3000 kal per hari sementara wanita yang tidak menyusui hanya 2100 kal. “Itu sebabnya banyak ibu menyusui memiliki selera makan yang tinggi dan mudah merasa lapar,” ujar Dr. Amru. Dan, tambahan makanan itu tidak akan menumpuk di tubuh Anda melainkan disalurkan oleh ASI untuk si bayi mungil. Karena itu, para ibu yang menyusui bayinya secara eksklusif lebih mudah menurunkan berat badannya dibandingkan mereka yang tidak memberi ASI eksklusif.

MOTIVASI DIRI

Normalnya, setelah melahirkan, tubuh Anda membutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun untuk bisa mengembalikan pada bentuk ideal. Jadi, jangan berkecil hati, kami bantu Anda memotivasi diri untuk menghilangkan lemak pasca melahirkan:

#1 Ubah gaya hidup Anda. Ingat, apa yang Anda makan menjadi ‘bahan bakar’ untuk diri sendiri dan buah hati, bukan sekadar untuk kenikmatan. Jadi, boleh saja sesekali Anda mengonsumsi junk food, tapi yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan bergizi.

#2 Berpikir positif. Daripada berkaca sambil memikirkan lingkar pinggang Anda yang tak kunjung menyusut, coba buat catatan kecil yang bertuliskan, “Tubuh saya terlihat oke dan saya sehat.” Tempel di cermin dan tanamkan pada diri sendiri setiap kali bercermin.

#3 Makan sedikit tapi sering. Hindari makan dalam porsi besar. Yang benar adalah mengonsumi secukupnya tapi sering. Camilan sehat seperti kacang-kacangan (yang bisa menambah produksi ASI), salad dengan dressing vinegar oil, bisa dikonsumsi sebagai camilan ketika Anda merasa lapar.

#4 Ayo berolahraga. Memulai program olahraga bukan berarti Anda harus bersiap mengikuti lari maraton. Cukup dorong si kecil di stroller pada sore hari, atau pergi berenang bisa membuat Anda lebih sehat secara fisik dan jasmani.

MULAI BEROLAHRAGA

Meski si kecil masih sangat bergantung pada Anda, bukan berarti Anda tidak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga selama Anda mengikuti tahapan dari kami:

#1 Beli agenda dan rencanakan waktu berolahraga diantara jadwal bayi. Misalnya, di pagi hari setelah menyusui, berjalan keliling perumahan sambil mengajak si kecil bisa menjadi pilihan. Ketika si kecil sedang tidur siang, Anda bisa mengambil waktu 15 menit untuk berolahraga seperti mengangkat beban, sit up¸ atau aerobik.

#2 Ikut kelas “Ibu dan Bayi”. Biasanya kelas-kelas ini dibuka di rumah sakit, tempat senam, atau tempat aktivitas bayi. Anda akan semakin lengket dengan si kecil, sekaligus membakar lemak pada saat yang bersamaan.

#3 Lengkapi koleksi video olah tubuh di rumah. Pilih durasi yang berbeda mulai dari durasi 15 menit hingga 1 jam. Jadi saat Anda memiliki waktu luang yang cukup lama, Anda tahu video olah tubuh mana yang akan Anda pasang untuk berolahraga.

#4 Berolahraga sambil melakukan tugas rumah tangga. Latihan Kegel bisa dilakukan kapan pun, bahkan ketika Anda sedang mencuci piring.

BEROLAHRAGA DENGAN AMAN

Ingat, apapun jenis olahraga yang Anda pilih untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal, keamanan adalah hal yang paling penting. Ini yang perlu Anda ketahui:

#1 Beli sport bra yang bagus. Meski harganya mungkin sedikit mahal, tapi bra olahraga yang baik akan bisa menyangga punggung Anda ketika berolahraga dan menghindari cedera. Apalagi ketika Anda baru saja melahirkan, payudara Anda akan berukuran lebih besar dari biasanya karena produksi ASI, dan perlu ditopang dengan bra yang baik.

#2 Berhati-hati dengan olahraga high impact. Karena jaringan pelvis dan persendian Anda belum puluh dengan baik pasca melahirkan, jangan terburu-buru melakukan jenis olahraga berat.

#3 Pastikan Anda minum banyak air. Ini sangat perlu untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, apalagi jika Anda masih menyusui.

#4 Perhatikan kemampuan diri. Jika Anda merasa lelah, jangan memaksa untuk tetap mekakukan sit up 50 kali. 25 sit up saja sudah cukup untuk permulaan.

#5 Konsultasikan dengan dokter Anda. Jika Anda merasa pusing, atau ada perubahan warna pada jaringan seputar vagina, konsultasikan dengan dokter. Kemungkinan besar, Anda berolahraga terlalu berat. 

 

« Previous article

Related Articles